banner 728x250
Daerah  

Toleransi Beragama Saat Perayaan Waisak di Vihara Dharma Palakka Bone

PILARMEDIA.ID, BONE — Peringatan Dhammasanti Waisak 2566 (Buddhist Era) atau pada tahun 2022 Masehi yang dipusatkan di Vihara Dharma Palakka Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) menunjukkan toleransi beragama.

Ketua Panitia Pelaksana Waisak 2566 BE/2022 M, Edy Siauw mengatakan, pelaksanaan waisak bersama ke 2566 dipusatkan di Kabupaten Bone dan dihadiri dari Provinsi Sulsel dan Sulbar.

“Kita mendapatkan kehormatan mandat untuk melaksanakan Waisak yang dihadiri dua provinsi. Waisak bersama ini dilaksanakan bergiliran tiap kabupaten,” katanya Minggu (26/6/2022).

Selain itu kata Edy, diresmikan juga Candi Dharma Palakka Bone. Candi pertama di Indonesia Timur.

“Jadi kita sudah punya ikon di Kota Bone Bumi Arung Palakka. Tadi kita membawa abu kremasi dari mendiang Oni Dahlan. Beliau merupakan tokoh yang berpengaruh disini,” tambahnya.

Oni Dahlan adalah pendiri dan donatur Vihara Dharma Palakka Bone. Sebagai penghormatan, abu kremasi disimpan di sudut Candi Dharma Palakka Bone.

Edy menambahkan, adapun tema Waisak tahun ini yakni Modernisasi Beragama dalam Menciptakan Kerukunan.

“Kita memang selalu menghindari paham radikalisme. Kami sangat bersyukur karena semua pihak hadir. Termasuk lintas agama juga hadir pada acara Waisak,” jelasnya. (*)