banner 728x250

Gelar Lokakarya Diseminasi Sistem Informasi Akses Percepatan Perhutanan Sosial di Bone, Bappeda Bone di dukung ICRAF

PILARMEDIA. ID BONE – World Agroforestry ( ICRAF ) menggelar lokakarya diseminasi sistem informasi akses percepatan perhutanan social berkerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bone melalui Badan perencanaan Pembangunan Daerah  (Bappeda) dan Dinas Lingkungan Hidup.

Lokakarya di gelar di Ballroom Sentosa Hotel Novena Watampone Kab. Bone, Sulsel pada Kamis (9/11/2023).

Hal ini bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan implementasi perhutanan sosial di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan dan mengatasi kendala terkait pemanfaatan lahan hutan yang salah satunya bisa menjadi sumber peningkatan ekonomi masyarakat.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut secara resmi, Kabid Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bappeda Bone Andi Hendra Setiawan mengharapkan kegiatan tersebut akan memberi pengetahuan tentang akses lahan perhutanan dan dapat memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kami berharap Diseminasi ini dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai akses lahan perhutanan sosial, serta membantu dalam menentukan tanaman yang sesuai untuk ditanam di wilayah tersebut. hal ini, tentunya diharapkan dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan di Kabupaten Bone” Jelasnya

Selain itu, dia juga menuturkan menuturkan projek Landforlive sangat besar pengaruhnya terhadap Kabupaten Bone. Pasalnya, di kabupaten Bone laju pertumbuhan ekonomi sebanyak 48 % dari sumbangsi PDRB pertanian.

“Jadi suatu kesyukuran program ini ada di Kabupaten Bone yang muaranya untuk memberikan manfaat masyaakat, bagaimana memanfaatkan lahan untuk peningkatan masyarakat yang diwariskan bagi generasi kita,” kata Andi Hendra.

Sementara itu Koordinator Project Icraf Sulawesi Selatan Muhammad Syahrir memperkenalkan fokus kegiatan Icraf, landforlive.

“Mulai dari penguatan tata guna lahan pembuatan kebijakan, peningkatan pengelolaan tingkat lanskap, peningkatan mata pencaharian, tahan iklim dan ketahanan pangan,” kata Syahrir.

“Kami dari lembaga penelitian terkait pertanian ketahanan pangan dan iklim, kegiatan Land4Lives, lahan untuk kehidupan bagaimana meningkatjan ekonomi kita dalam perubahan iklim,” tambahnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Koordinator ICRAF Sulsel Muhammad Syahrir, Kepala Bappeda Bone dalam kesempatan itu diwakili Kabid Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bappeda Bone Andi Hendra Setiawan, selaku narasumber Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Rosida,

Hadir pula Kepala UPT KPH Cenrana Dinas Kehutanan Provinsi Sul-Sel, A. Tonra Solie, S. Hut, M. Si., Perwakilan instansi terkait, kelompok tani hutan se –  Kabupaten Bone, dan tamu undangan lainnya. (B/F)*