banner 728x250

Sosok AKBP Santiaji Polisi yang Berprestasi dan Penuh Inovasi Jabat Kabag Binkar Polda Sulsel

PILARMEDIA.ID, MAKASSAR — Hal yang wajar bagi AKBP Santiaji Kartasasmita dalam jenjang karirnya dikepolisian begitu mulus. Prestasi dan inovasinya yang mengantarkan ka jabatan strategis.

Tanggal 10 Februari 2022 resmi dia diterbangkan dari Pulau Dewata Bali, mendarat di tanah Bugis Sulawesi Selatan tepatnya di Bumi Latemmamala menjadi Kapolres Soppeng. Perwira berpangkat dua melari itu selalu memiliki gagasan.

Saat menjabat sebagai Kapolres Soppeng, dia merombak ruang SPKT, SKCK dan Satpas SIM Polres Soppeng agar memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Selain itu penguatan Harkamtibmas melalui Program Patroli Pemukiman menjadi Inovasi yang lain dari pada yang lain.

Patroli pemukiman atau program Patroli Mobile bertujuan untuk mencegah dan menekan tindak kriminal khusus untuk wilayah pemukiman. Santiaji menyiapkan kendaraan mobil yang akan melakukan patroli di pemukiman, perumahan, kompleks, dan menyentuh objek vital termasuk rumah pejabat.

“Berdasarkan analisa dan evaluasi tindak pidana kriminal di wilayah Soppeng, wilayah pemukiman merupakan salah satu objek tindak pidana, oleh sebab itu kami mencoba membuat pelayanan mobile dengan cara dikemas dalam konsep patroli khusus,” kata AKBP Santiaji Kartasasmita saat ditemui beberapa saat lalu.

Selama bertugas di Kota Kalong, AKBP Santiaji telah merubah wajah Polres Soppeng yang dulunya biasa-biasa saja menjadi indah dan adem dipandang mata oleh masyarakat Soppeng. Selain itu dia juga lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Dia tidak ingin ada batasan antara dia dengan masyarakat, dan seluruh masyarakat selalu menemuinya saat Jumat Curhat.

Santiaji mengaku, tuntutan masyarakat terkait pelayanan publik tidak bisa lagi di toleransi, dengan situasi yang ada akhirnya kami mencoba membuat sedikit inovasi terkait peningkatan pelayanan publik. Ini dibuat berdasarkan standar yang dimiliki oleh Ombudsman.

“Hasil penilaian Ombudsman RI perwakilan Sulsel tahun 2022, Polres Soppeng menempati urutan pertama dengan nilai 86,50, kategori B, Opini Kualitas tinggi dan Zonasi hijau,” jelasnya.

Dari Bumi Latemmamala, Santiaji terbang menuju Bumi Lasinrang, Kabupaten Pinrang pada 7 Januari 2023. Dia hanya membutuhkan waktu selama 32 hari untuk memoles Mapolres Soppeng yang begitu indah dan nyaman.

“Kami menciptakan ruang pelayanan humanis, nyaman, ramah disabilitas, ramah anak, dan ruang pelayanan yang dilengkapi ruang menyusui untuk masyarakat Pintang. Hari libur pun kami melayani,” beber Santiaji.

Setelah kurang lebih lima bulan menjabat sebagai Kapolres Pinrang, AKBP Santiaji Kartasasmita kini dimutasi ke Mapolda Sulsel. Dia mendapatkan promosi dengan Job AKBP mantap sebagai Kepala Bagian Bidang dan Karir (Kabag Bnkar) Biro SDM Polda Sulsel.

Keputusan mutasi ini dituangkan dalam Surat Telegram Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan nomor ST/1393/VI/KEP/2023.

Prestasi AKBP Santiaji Kartasasmita sebagai Kapolres Pinrang selama kurang lebih lima bulan menunjukkan dedikasinya yang tinggi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Polres Pinrang di bawah kepemimpinannya telah berhasil membangun sinergi yang kuat antara kepolisian dan masyarakat.