banner 728x250

Bupati Bone Serahkan Bantuan Alat Pengembangan Usaha ke – 52 Kelompok Usaha Bersama

PILAR MEDIA.ID BONE – Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan alat pengembangan usaha kepada 52 Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Senin, 10 Juli 2023.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Bone Dr. H.A. Fahsar M Padjalangi MSi didampingi oleh Kadis Sosial Drs. A. Mappangara, M. M. di Aula Lateya Riduni, Kompleks Rujab Bupati Bone.

Bupati Bone Dr HA Fahsar M Padjalangi MSi mengatakan para penerima patut bersyukur karena tidak semua desa dapat karena anggaran terbatas.

“Kalau ini efektif, tahun depan kita gelontorkan lagi. Ini merupakan terobosan baru Kadis Sosial baru. Sehingga Dinas Sosial tidak lagi mengurusi bantuan bencana namun juga membantu masyarakat kurang mampu untuk mengembangkan usahanya,” katanya.

Bantuan ini tidak serta merta diberikan. Dilakukan survei dan direkomendasikan oleh pemerintah desa. “Maka dari itu, dimanfaatkan dengan baik bantuan ini, dan jangan dijual,” tandasnya.

Sementara itu Kadis Sosial mengungkapkan bahwa KUBE yang menerima bantuan alat pengembangan usaha ini adalah masyarakat yang tergolong tidak mampu dan ber-DTKS.

“Jadi minimal pengurusnya 3 orang ber-DTKS dalam satu kelompok. Dan diperuntukkan juga masyarakat yang punya keterampilan dan sudah dilatih oleh Dinas Ketanagakerjaan Kabupaten Bone,” ujarnya.

Jenis bantuan yang diberikan mantan Kadispeka Kabupaten Bone ini tergantung proposal masing masin kelompok.

“Jadi di sini, ada yang dibantu dengan alat mesin jahit, alat perbengkelan, alat percetakan, alat usaha kue, alat usaha bubu kepiting, alat usaha pencabut bulu ayam, alat usaha kedai makanan dan minuman dan alat pertukangan,” terangnya.

Tujuan dari bantuan ini untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat, sekaligus sebagai upaya pemerintah daerah Kabupaten Bone dalam mengentaskan kemiskinan.

“Maka dari itu dengan adanya bantuan ini kepada KUBE dapat mengembangan ekonomi masyarakat di desa maupun di kelurahan, ” ujarnya.

Diharapkan bantuan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh KUBE, apalagi anggaran yang dialokasikan pemerintah untuk pengadaan alat pengembangan usaha ini tidak sedikit yaitu Rp1, 3 miliar.

“Dari Rp1, 3 M, masing masing KUBE mendapat Rp25 juta. Maka dari itu, agar bantuan ini tepat guna pihak Dinas Sosial akan melakukan monitoring untuk memastikan agar bantuan tersebut betul betul digunakan sebagaimana mestonya,” tandasnya.