Pekerjaan yang Survive di Masa Pendemi dan Menjanjikan di Masa Depan

Pendemi corona virus disease-19 (Covid-19) meluluhlantakan sektor ekonomi yang berdampak jutaan pekerja menjadi pengangguran.

Mengutip data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), sebanyak 2,56 juta orang menjadi pengangguran karena terdampak Covid-19.

Di sisi lain, terdapat 0,76 juta orang bukan angkatan kerja, tidak bekerja karena pendemi.

Kemudian 1,77 juta orang sementara dirumahkan, tidak bekerja karena masa pendemi. Lebih dari itu, 24, 03 juta orang kini bekerja dengan pengurangan jam kerja.

Karena itu, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menegaskan telah terjadi perubahan gaya kerja baru di masa pendemi Covid-19 dan setelahnya. Hal itu tak terlepas dari faktor revolusi industr 4.0.

“Sejak pendemi berlangsung, kita dituntut untuk cepat beradaptasi dengan segala perubahan. Terutama dalam hal pemanfaatan teknologi digital, yang merupakan inti dari revolusi industri 4.0,” ungkap Menaker.

Nah, tahukah kamu apa saja pekerjaan yang bertahan di masa pendemi dan menjanjikan di masa depan? Berikut tujuh pekerjaan menjanjikan dan dicari di masa depan!

Software Developer

Software developer bertugas untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi hingga mengecek serta mengantisipasi bug dalam aplikasi. Untuk menjadi seorang Software Developer dibutuhkan orang yang kreatif, memilki keahlian teknis guna melaksanakan ide-ide kreatif.

Computer System Analyst

Profesi ini menggabungkan pengetahuan tentang teknologi informasi (IT) dan bisnis. Mereka harus mampu memahami bisnis klien dan membuat hardware dan software yang membuat perusahaan klien lebih efektif dan efisien.

Web Developer

Profesi ini bertanggung jawab untuk membuat situs web. Mulai dari desain, menulis kode dengan bahasa pemrograman hingga tampilan website. Profesi ini butuh pengetahuan tentang program software, aplikasi web, bahasa pemrograman serta desain.

Information Security Analyst

Profesi ini bertugas untuk menjaga keamanan sistem informasi. Mereka apa para penjaga pintu gerbang sistem informasi yang ada perangkat yang digunakan dari serangan siber. Mereka akan memantau, menjaga dan mencegah terjadi pelanggaran dan pencurian data dari serangan siber.

Computer Network Arichitect

Profesi ini mendesain, membangun dan mengelola berbagai jaringan komunikasi data mulai dari infrastruktur cloud hingga internet. Ketika perusahaan dan perusahaan memperluas jaringan TI, mereka akan semakin bergantung pada para profesional ini untuk membangun jaringan baru dan meningkatkan yang sudah ada. Popularitas cloud computing mendorong kebutuhan akan profesi ini meningkat.

Computer Programmer

Mereka yang menjalankan profesi ini harus menulis code yang memungkinkan program software berjalan. Mereka memberi tahu komputer tentang apa yang harus dilakukan. Profesi ini harus menguasai bahasa pemrograma seperti Python.

Manager IT

Menejer IT bertugas untuk membantu perusahaan untuk menyesuaikan teknologi dengan kebutuhan perusahaan. Mereka mengkoordinasikan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi mulai dari software, hardware dan memastikan sistem komputer perusahaan dan jaringan kantor bebas dari peretasan dan malware.

Apakah kamu salah satu di antara tujuh profesi yang memiliki skill keren di atas? Jika kamu ingin mempersiapkan masa depanmu, buruan klik link berikut http://ccit.ui.eng.ac.id/

CCIT FTUI adalah solusi buat kamu yang ingin punya skill di bidang IT dengan durasi belajar hanya dua tahun. Kamu akan belajar tentang software programmer, web developer, administrator jaringan computer, maker perangkat Internet of Thing dll. Pokoknya kamu akan menguasai tujuh skill keren di atas.

Lebih istimewa lagi CCIT menjalin kerja sama dengan bebagai universitas yang beraliansi di dalam dan luar negeri, sehingga lulusan CCIT bisa melanjutkan pendidikannya untuk memperoleh gelar kesarjanaan.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi creator konten media kreatif, animasi, game, dan multimedia berstandar industri internasional. Selesai studi, kamu akan mendapat sertifikasi program profesional dari FTUI.

Makannya keterampilanlah yang sangat dibutuhkan—apalagi di masa pendemi seperti sekarang ini—maupun di masa yang akan datang.

Pendemi Covid-19 memberi pelajaran penting bagi kita, bahwa ijazah tidak cukup untuk menghadapi tantangan zaman. Dibutuhkan kemampuan (soft skill) dan keterampilan yang dapat bertahan di setiap kondisi zaman.

Generasi Z (millennial) dan Y (baby boomers) diprediksi generasi yang mampu beradaptasi dengan perubahan zaman. Generasi ini bisa mengikis pengangguran akibat Covid-19 jika memiliki keterampilan seperti profesi tadi yang disebutkan.

Karena itu, CCIT FT UI adalah solusi menjadikan kamu skillful di dunia digital dengan waktu singkat. Jejaring mitra kampus yang kredibel dalam dan luar negeri bisa bikin kamu cepet kerja di perusahaan ternama. Ayo buruan cek di http://ccit.ui.eng.ac.id/ sebelum kelewatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *